“Botnet” Serang Situs WordPress

Buat Para blogging pakai wordpress, nih gue dapat artikel :

WordPress diserang oleh ”puluhan ribu” botnet dari komputer individu sejak pekan lalu, demikian disampaikan penyedia server Cloudflare dan Hostgator.

Botnet menargetkan pengguna WordPress yang memakai nama ”admin” untuk mencoba mencuri ribuan kata sandi atau password.

Serangan ini dimulai sepekan setelah WordPress menguatkan keamanan dengan tambahan opsi dua langkah saringan saat pengguna masuk ke sistem.

WordPress saat ini memiliki 64 juta blog dan dibaca oleh 371 juta orang setiap bulannya.

Menurut jajak pendapat situs W3Techs, sekitar 17 persen situs dunia dijalankan oleh WordPress.

“Ubah sandi”

“Ini yang saya bisa rekomendasikan: Jika Anda masih menggunakan nama ‘admin’ di blog Anda, ubah, gunakan kata sandi yang kuat,” demikian tulis pendiri WordPress Matt Mullenweg di blog resminya.

Dia juga menyarankan dua langkah saringan masuk, termasuk menggunakan ”angka rahasia” di nama pengguna dan kata sandi, dan menjamin bahwa versi terbaru WordPress telah terpasang.

“Kebanyakan saran lainnya tidak bagus, mengingat botnet memiliki lebih dari 90.000 alamat IP, jadi pembatasan IP tidak bagus karena mereka bisa mencoba dari berbagai alamat IP lainnya dalam hitungan detik selama 24 jam.”

Matthew Prince, Kepala Eksekutif dan pendiri Cloudflare, mengatakan, tujuan dari serangan ini mungkin untuk lebih memperkuat botnet.

“Salah satu kekhawatiran dari serangan semacam ini adalah peretas menggunakan botnet yang relatif lemah dari komputer rumah untuk membangun botnet yang lebih besar guna menyiapkan serangan berikutnya,” demikian dikatakannya.

“Mesin yang lebih besar ini bisa menyebabkan kerusakan lebih besar dalam DDos karena server memiliki koneksi jaringan besar dan mampu menghasilkan lalu lintas yang besar,” tambahnya.

SUMBER : KOMPAS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s