Kekurangan HP China Yang Murah

China belakangan ini mempunyai trafik penjualan yang tinggi, karena hampir semua penjualan alat elektronik berasal dari negara yang satu ini. Sebagai contoh (Baterai, HP, Casing, Trackpad, dll). Barang-barang yang di import dari negara ini juga tergolong ramah pada kantong, alias murah meriah. Karena masyarakat mencari yang murah, tentu buatan China yang paling banyak dipilih oleh para pembeli.
Namun, dibalik harganya yang murah, tentu saja ada kekurangan di baliknya. Namun bukan berarti yang murah itu jelek, banyak yang murah namun memiliki kualitas yang bagus.

Jika anda perhatikan baik-baik pada beberapa HP buatan china, maka anda akan menemukan banyak kesamaan pada system pengoprasinya. Jika ada perubahan, mungkin itu hanya pada kalimat (synonimnya), dan pada beberapa menu yang letaknya berbeda. System operasi yang di pakai HP buatan China adalah semuanya sama, yaitu Java (MIDP, dll). Hal ini terkadang juga berlaku pada ponsel Nokia yang palsu yang dibuat di China. Kesimpulanya, semua HP buatan China menggunakan System Operasi yang sama.

Ponsel Buatan China juga mempunyai jumlah RAM (Random Access Memory) yang kecil. Ini yang menyebabkan beberapa HP China lambat dalam prosesnya, dikarenakan membuka terlalu banyak program. Contohnya, jika anda membuka aplikasi java (contoh: OperaMini / Mozat / Bolt, dll), kemudia anda membuka Ebook dan menyetel musik di pemutar musik, pada kebanyakan HP China maka proses akan menjadi sangat lambat. Apalagi anda mengetik SMS terlalu panjang. Jika anda menggunakan HP Chona dengan kualitas rendah, maka anda tidak bisa mengupdate Operamini atau program Java lain dengan versi terbaru. Mengapa? karena semakin baru versi yang diterbitkan, maka akan ada fitur baru yang tersemat di dalamnya, dan ini berarti akan semakan space RAM HP anda. Jika RAM sudah hampir penuh, atau bahkan penuh, maka HP akan lambat bahkan freeze dan merestart otomatis.

Ponsel China juga hanya memiliki 4-10 IC. Kebanyakan HP menggunakan lebih dari 10 IC.

Kemudian, ponsel China juga menggunakan solderan. Semua hardware yang didalamnya disambung dengan solder (Banyak di Warung Alatnya). Ini yang menyebabkan kadang-kadang kita tidak bisa mengecas HP. Mungkin kita mencabut charger dari HP terlalu keras dan menyebabkan lepasnya solderan.

Pada HP China, mempunyai banyak kerusakan. Bila trackpad rusak, maka ponsel akan lumpuh, kecuali jika ponsel anda mendukung penggunaan keypad, dan bisa mengendalikanya. Banyak penyebab kerusakan trackpad pada HP China. Diantaranya: Terkena air, terkena sinar matahri, penakanan trackpad yang terlalu keras, rusaknya komponen dalam trakpad, dll.

Pernahkah anda mengalami ponsel merestart tiba-tiba? hal ini bisa disebabkan karena penggunaan terlalu banyak program yang menyebabkan ram penuh sehingga ponsel tidak mampu menampung program yang berjalan lagi, dan akhirnya merestart. Kemudian juga bisa disebabkan karena menggunakan internet yang terlalu lama. Hal ini juga bisa disebabkan oleh kesalahan pembacaan kapasitas baterai.
Dalam sebuah kasus, HP yang baterainya penuh dan baru selesai di cas, tiba-tiba muncul layar putih dan merestart otomatis. Saat masuk layar utama, yang terlihat pada baterai indikator adalah kosongnya baterai. Kemudian sekitar 5 menit, indikator baterai mengidikasikan bahwa baterai penuh 100%.

LCD HP China juga mudah pecah. Karena tidak menggunakan kaca yang dikhususkan untuk benar-benar LCD. Dan ini disebabkan pula oleh casing yang tipis. Casing yang tipis menyebabkan mudahnya kerusakan-kerusakan komponen di dalam HP jika HP terjatuh.

HP China juga memiliki kualitas speaker yang rendah. Jika suara di buat 100% penuh, maka suara akan pecah dan menjadi jelek. Apalagi jika hp terjatuh, suara akan seperti menjadi ‘kresek-kresek’, dan anda harus menggunakan headset/headphone untuk mendengar audio.

Headset pada HP China juga 87% sama pada semua merk buatan negri ini. Jika anda perhatikan baik-baik, maka akan ada kesamaan bentuk, kualitas suara, dll. Ponsel China juga mempunyai kualitas audio input yang kurang bagus. Jika anda menggunakan fitur perekam suara, pada ponsel China maka kualitasnya kurang bagus, dan harus diperjelas dengan software lain di komputer.

Saya bukan melarang anda menggunakan ponsel Buatan China. Bahkan merk China sampai terkenal sampai seluruh dunia. Dan ini juga menunjukkan bahwa kualitasnya tidak buruk. Karena kalau kualitasnya buruk tentu tidak akan terkenal sampai seluruh dunia. Sepert contoh merk MITO merupakan ponsel China yang cukup unik karena ponsel ini menggunakan fitur-fitur yang jarang ada di ponsel canggih sekalipun.

Dari saya cukup sekian. Terimakasih.

NB=Sumber gambar= Kompasiana->Tekno (dari akun Ifan Anwar)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s