Bisnis ala mahasiswa, Kuliah Sambil Kerja

Seneng ya jadi mahasiswa. Setiap hari ke kampus untuk belajar, menimba ilmu dunia dan akhirat mencoba memberikan yang terbaik buat orang-orang terkasih. Berusaha mencari keridhoan yang Esa. Hallach… Malah jadi ndalil nech. Salut dech buat anda para Mahasiswa. Lanjutkan perjuanganmu demi tanah air tercinta ini.🙂
Okey dech,, udah dulu pembukaannya. Langsung saja ngikuti judul yang terlanjur ana tulis Bisnis ala mahasiswa, Kuliah Sambil Kerja...
Fikiran untuk bisa bekerja biasanya sudah tertanam sejak mahasiswa menginjakkan kampus di semester ketiga. Kenapa..?? Karena pada semester pertama dan kedua mereka cenderung menikmati masa perkenalan terhadap kampus atau cewek-cewek sexy yang barusan mereka kenal di kampus🙂. Setelah mereka bosan dengan fase tersebut maka mereka akan mencari sesuatu yang berbeda. Sesuatu yang fresh yang belum mereka rasakan sebelumnya. Lama kelamaan mereka akan berfikir untuk hidup mandiri dan berharap tidak bergantung kepada orang tua. dan mereka akan mencoba menemukan bagaimana caranya dapat uang dengan cara halal dan mudah. (Yach… Tergantung pilihan masing-masing sich, mau halal atau haram yang penting nyari uang.. haha.. Extriimm..). Berikut ini ana akan mencoba sedikit berbagi ide dan inspirasi bisnis untuk anda para mahasiswa yang tidak ingin hidupnya KK Kuadrat (Kos – Kampus, Kos, Kampus). Apa aja sich.. Mari kita simak bersama..
Ide Bisnis Kuliner. Kerja sambil kuliah memang membutuhkan manajemen waktu dan tempat tepat. Jadi jika anda memilih untuk bisnis kuliner carilah waktu di mana anda sudah tidak disibukkan dengan aktifitas kuliah. Contoh yang paling mudah di sini adalah dengan membuka usaha Nasi Kucing. Karena kebanyakan usaha ini dibuka mulai jam 5 Sore sampai jam 12 malam atau sampai habis dagangannya. Di mana-mana nasi kucing sudah menjadi tongkrongan favorit setiap malam. Lebih-lebih malam minggu. Dengan modal yang tidak begitu besar anda sudah dapat menjalankannya. Jika memang modal masih relatif terbatas, anda bisa ajak teman kuliah anda untuk bergabung istilah kerennya kongsi/joint venture dengan teman anda. Minta teman anda untuk memberikan modal dan jelaskan keunikan, untung, dan resiko kerugian pada invostor tunggal anda. Mulailah dengan mengutamakan menjual produk minuman, susu jahe, teh hangat, dan minuman instan lainnya. Untuk nasinya sementara anda bisa pesan di kenalan yang sudah menjual produk serupa. penjualan yang paling banyak memberikan profit adalah dari produk minuman, yaitu Susu Jahe. Keuntungan perhari bisa sampai 250%, Dengan modal 20ribu bisa kembali 100ribu. Lumayan kan 70ribu untuk beberapa jam.
Ide Bisnis Produk Pakaian. Aduch,, apa modalnya tidak terlalu tinggi mas, kalo saya jualan pakaian..??, Saya itu pengennya bisnis dengan modal yang kecil. Yups, bisa.. meskipun tanpa modal anda bisa menjalankan bisnis ini. Caranya simple aja. Cari Dropshiper dan mintalah kerjasama dengan dia untuk bisnis pakaian anda. Pasarkan lewat Blog atau juga anda bisa melakukan pemasaran lewat Facebook dengan cara menawarkan produk tersebut. Jika ada yang berminat persilahkan dia untuk mengirimkan pembayaran dan hubungi Dropshiper untuk mengirimkan barang yang dibeli pelanggan anda. Ambillah margin laba yang tidak terlalu besar untuk mempertahankan kepercayaan pelanggan pada toko anda. Terus apa itu Dropshiper?? Dropshiper adalah pihak penjual pada ranting ketiga dari proses transaksi jual dan beli. Singkatnya, sistem Dropship mempersilahkan anda menjual produk mereka dengan harga reseller yang telah ditetapkan dan anda yang memutuskan margin laba yang diinginkan tanpa harus kulakan produk terlebih dahulu. Perlu diingat ya.. Tidak ada bisnis yang tidak memerlukan modal, meskipun bukan modal materi, modal kegigihan dan ketekunan itu sendiri yang lebih berharga.
Ide Bisnis Kosmetik. Siapa sich yang tidak ingin tampil cantik..??. Nah, lebih dari 60% teman kuliah kita adalah cewek. Kenapa kita tidak mencoba mengambil peluang dari situ.. Mulailah dengan mencari merek kosmetik yang biasa digunakan teman-teman anda. Carilah agen kosmetik yang anda sekiranya mendapatkan harga special darinya. Setelah itu, coba untuk menawarkan produk kosmetik kepada teman anda sesudah/sebelum jam kuliah. Dengan cara direct selling anda jelaskan keunggulan dan khasiat menggunakan produk anda. Perlahan-lahan, basa dan basi. “Panas ya.. Mbak.. kalo panas gini mesti berpengaruh sama kulit kita lho..” blabla… dan masuk pada tujuan utama, Keluarkan Jurus Andalan.. haha.. (emang mau ngreog..??) “Oh ya mbak, aku ada ini lho, biar kulit kita nggak kusam”… bla.. bla… sampai akhirnya teman anda memutuskan untuk membelinya. Silahkan pakai bahasa marketing sesuai dengan kreatifitas. Dan jangan lupa untuk menawarkan produk andalan lainnya.
Ide Bisnis Jasa. Jika anda memiliki keterampilan di bidang tertentu, bisnis bidang jasa inilah yang paling aman diantara bisnis-bisnis lain. Resiko kecil dan keuntungan lumayan, tetapi yang mahal adalah anda harus memiliki keterampilan. Jasa yang bisa kita jual bermacam-macam. Jika anda terampil di bidang fotografi, anda bisa menawarkan jasa fotografi kepada teman yang akan menikah. Tawarkan paket pre-wedding dengan harga murah. Untuk Kamera sementara bisa di sewa di tempat persewaan multimedia. Kalau punya dana lebih anda bisa membeli kamera profesional standard fotografi. Jika anda memiliki keahlian dalam bidang komputer, silahkan tawarkan kepada teman-teman tentang jasa service, install ulang, dll. Tidak ada salahnya jika anda menempelkan iklan di papan pengumuman kampus. Jangan terlalu besar jika tidak ingin dimarahi Bagian Publikasi Kampus. hehe… Cukup beberapa Centimeter saja atau setengah ukuran kertas HVS.
Ide Bisnis Pulsa. Meskipun laba dari penjualan pulsa kecil, hanya berkisar 700-1.000 rupiah tetapi anda patut mencoba bisnis ini. Meski terhitung kecil, tetapi jika anda kalikan jumlah transaksi perhari maka hasilnya akan lumayan juga. Bisa dipastikan mahasiswa sekarang pasti punya HP, dan setiap minggu bahkan hari mereka akan mengisi pulsa kembali. Dari sini kita bisa menjual pulsa pada mereka secara langsung. Jika terpaksa teman anda meminta lewat SMS, catat saja dan jangan sungkan untuk menagihnya besok. Bukan masalah enak nggak enak, bilang saja ini saldo punya Mama, bukan punyaku sendiri, hehehe..Jangan biasakan mengisi pulsa sendiri dengan batas yang tidak wajar. Karena jika sering-sering mengisi pulsa ke nomor sendiri saldo tidak terasa habis dengan sendirinya. Kalau bisa belilah pulsa dari luar untuk menjaga alur keuangan pulsa tetap terkendali.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s