Bisnis Buku Kenangan pun Jadi Bisnis Menjanjikan

BEBOCTO Bisnis Buku Kenangan pun Jadi Bisnis Menjanjikan

Biasanya, di akhir tahun ajaran, banyak angkatan di sekolah-sekolah yang membuat buku tahunan. Buku tahunan ini dimaksudkan sebagai buku kenang-kenangan atas perjalanan mengenyam pendidikan di sekolah tersebut. Sayangnya, banyak buku kenangan ini yang tak jarang dibuat secara asal, kurang memperhatikan desain dan konten, sehingga maksud dari kenang-kenangan itu jadi kurang optimal.

Berangkat dari keprihatinan itulah,  James Frederick membesut sebuah usaha di bidang desain kreatif yang ia beri nama dengan “Bebocto.” Di tangana kreatif Frederick, buku-buku kenangan itu dibikin sedemikian rupa sehingga tampil lebih apik dan ciamik.

Ceritakan sedikit tentang latar belakang bisnis yang baru Anda rintis dan pencapaian yang sudah didapati selama ini?

Saya bergerak di business creative design selama kurang lebih tiga  tahun di kota Surabaya dimulai pada Juli 2009. Bergerak pada Creative Packaging, Strategic Communication Website, Inspiring Logo&Identity, dan Budget Print Media. Fokus creative design dalam bisnis saya adalah Memorable and Unique Yearbook. Saya mendesain, mengorganisir serta memproduksi buku kenangan yang unik, artistik, dan personal bagi siswa-siswi SMA swasta dan internasional di Surabaya.

Saya melihat peluang bisnis ini dimulai dari desain serta produksi yearbook di kota Surabaya yang memiliki beberapa kelemahanan, yaitu desain yang ala kadarnya (foto yang di-layout full 1 halaman serta design template yang diulang-ulang), kualitas cetak yang buruk, penjilidan buku yang rapuh, bahkan foto yang dipakai untuk album buku kenangan dari tahun ke tahun cenderung kaku.  Buruknya penanganan pada pengerjaan buku kenangan inilah yang membuat saya menjadi pelopor perubahan untuk buku kenangan SMA di kota Surabaya .

Soal prestasi, saat ini saya dapat memiliki kantor, tempat tinggal bagi keluarga saya, dan mempunyai staff fulltimer. Saya dapat mencapai impian-impian seperti membiayai hidup, membeli gadget (laptop, PC, Smartphone), jalan-jalan ke Malaysia setiap setahun sekali, bahkan saya bertemu pasangan hidup saya ketika menjalankan business ini.

Selain itu, saya juga menjadi penyedia jasa memorable and unique yearbook untuk mengerjakan buku kenangan swasta dan internasional (SMA Frateran, SMA Petra1, SMA Petra 5, IPH School, Merlion, Ciputra, SMA Sinlui 1 Surabaya, SMA Hendrikus, dan sekolah ternama lainnya di Surabaya). Saya memiliki pelanggan antara lain perusahaan seperti Tx Travel, Bintoro, Rever Hair, Jimmy Waworuntu, Angezo, Winstar, Label Jaya, Beyond Potrait, dan lain sebagainya.

Apa yang telah Anda lakukan dalam mengangkat perekonomian daerah Anda?

Membangun mentalitas profesional di mana  kami bekerja membudayakan profesionalitas sehingga tidak mengecewakan pelanggannya dan membuat kita punya mental kerja yang   bagus. Lalu, menciptakan peluang bisnis untuk anak-anak SMA melalui networking mereka yang ada di  Yearbook Surabaya. Menciptakan role mode di mana kami membuat pengusaha memikirkan hal yang serupa seperti memikirkan Yearbook yang memorable. Lalu, mendukung Social Charity bagi panti jompo.

Sumber : the-marketeers.com

Tinggalkan Balasan

