Fakultas Pertanian Universitas Jember Jalin Kerjasama Dengan Hankyong National University

Penandatanganan MoU Fakultas Pertanian Universitas Jember dengan Hankyong National University

Setelah bulan Desember tahun lalu berhasil menjalin kerjasama dengan Kyungpook National University, Fakultas Pertanian Universitas Jember kembali menggandeng perguruan tinggi di Korea Selatan, yakni Hankyong National University. Jalinan kerjasama ini diawali dengan penandatanganan naskah kesepahaman (MoU) yang dilaksanakan di kampus Hankyong National University yang terletak di Kota Anseong, Provinsi Gyeonggi Korea Selatan (4/3). Fakultas Pertanian Universitas Jember juga memiliki kerjasama dengan Universiti Putra Malaysia (UPM).

Penandatanganan MoU dilaksanakan oleh Dekan Fakultas pertanian Universitas Jember, Dr. Ir. Jani Januar, MT dengan Dr. Han-Cheol Hwang yang merupakan Dekan College of Agriculture and Life Science Hankyong National University. Selain menandatangani nota kesepahaman, Dr. Ir. Jani Januar, MT bersama Dr. Slameto menjadi dosen tamu memberikan kuliah di hadapan mahasiswa College of Agriculture and Life Science Hankyong National University.

Menurut Dr. Ir. Jani Januar, MT pihaknya memilih bekerjasama dengan perguruan tinggi di Korea Selatan mengingat penguasaan teknologi terutama di bidang pertanian sudah maju sekali. “Tidak hanya kerjasama di bidang pertanian, Hankyong National University menawarkan joint research dalam berbagai disiplin ilmu, misalnya di bidang sistem informasi, komputer dan bidang ekonomi. Bahkan rencananya delegasi Hankyong National University akan melakukan kunjungan balasan ke Universitas Jember,” jelasnya. Untuk diketahui saat ini ada satu alumni dari Hankyong National University bernama Lee Kyung Joo yang sedang menyelesaikan studi S2 di Program Studi Agronomi.

Dekan Fakultas Pertanian, Dr.Jani Januar, MT. tengah memberikan kuliah bagi mahasiswa College of Agricultural & Life Science Hankyong National University

Sementara itu Dekan Fakultas Pertanian menjelaskan jika kerjasama dengan Kyungpook National University sudah masuk dalam tahapan implementasi. Fakultas Pertanian Universitas Jember telah mengirimkan Fika Ayu Safitri, mahasiswi semester delapan Program Beasiswa Unggulan (BU) dari Program Studi Agroteknologi untuk menempuh kuliah selama tiga bulan di kampus Kyungpook National University. 

Selain itu, Fakultas Pertanian Universitas Jember juga menjalin kolaborasi dalam penelitian (joint research) terkait dengan bidang keilmuan Bioteknologi Pertanian.  Rencananya pada bulan Juni nanti, Fakultas Pertanian akan mengirimkan pakar hama dan penyakit tumbuhan, Dr. Hari Purnomo untuk mengikuti Program Scheme for Academic Mobility and Exchange (SAME) selama sebulan di Kyungpook National University. “Sementara itu, program lain yang sedang kami garap dengan kawan-kawan di Kyungpook National University adalah kerjasama dalam publikasi ilmiah internasional,” kata Dr. Ir. Jani Januar, MT. (Ani)

sumber : unej.ac.id

1 thoughts on “Fakultas Pertanian Universitas Jember Jalin Kerjasama Dengan Hankyong National University

  1. Ping-balik: Fakultas Pertanian Universitas Jember Jalin Kerjasama Dengan Hankyong National University « Young Entrepeneur

Tinggalkan komentar